Halo guys, pembahasan kali ini adalah tentang join domain sebuah client Windows ke dalam Active Directory Windows Server.
Sebelum kita masuk ke pembahasan, pastikan Active Directory dan DNS (untuk DHCP opsional, boleh di install boleh juga tidak) dan juga pastikan kita sudah membuat user pada Active Directory-nya. Untuk cara instalasi dan konfigurasinya bisa cek artikel yang penulis buat di link berikut:

Active Directory Domain Services
DNS Server
DHCP Server
Add AD User

Oke langsung saja, pada sisi client, tekan Windows+PauseBreak, setelah itu klikĀ Advanced system settings.

Pada bagian System Properties, pilih tabĀ Computer Name lalu di bagian bawah klik Change

Untuk client yang tidak menggunakan IP DHCP alias hanya menggunakan mode static, sebaiknya di tambahkan dulu IP Address DNS Server dan Active Directory-nya agar bisa meresolve domain yang akan di gunakan nantinya.

Pada bagian Computer Name/Domain Changes, kita klik Domain, lalu isikan domain name dari Active Directory kita, setelah itu klik OK.

Nah, kita di minta untuk memasukkan user dan password Administrator milik Active Directory-nya.

Jika berhasil, maka kita akan di sambut oleh pesan seperti berikut:

Ketika kita berhasil masuk ke dalam sebuah domain untuk pertama kalinya, maka kita akan di minta untuk reboot system milik client, setelah itu untuk login kembali ke dalam windows client, kita di minta untuk memasukkan username yang sudah terdaftar dalam Active Directory.

Ketika login, system akan mengatur ulang profil dari user kita, kita tunggu saja beberapa saat sampai user kita benar-benar login ke dalam system.

Jika sudah berhasil login, untuk memastikan apakah client kita benar-benar berhasil bergabung ke dalam domain Active Directory, tekan Windows+PauseBreak, setelah itu cek di bagian domain, jika ada domain yang di maksud maka kita berhasil bergabung dengan domain tersebut.

Pada sisi server juga dapat di verifikasi dengan masuk ke dalam Active Directory Users and Computers lalu pada bagian Computers, akan muncul hostname dari windows client kita.

 

Nah, sekian dari pembahasan kali ini tentang cara join domain windows client ke dalam Active Directory.

 

-Upi

Tags: ,