Halo guys, pembahasan kali ini adalah tentang konfigurasi DNS Server pada Windows Server 2012 R2, nah sebelum-sebelumnya kan kita masih membahas tentang Active Directory, sekarang kita akan memasuki bahasan tentang service-service yang bisa di gunakan di Windows Server 2012 R2.

Oke langsung saja, karena saat kita menginstall Active Directory Domain Services juga menginstall service DNS-nya (atau kalau yang belum bisa lihat di sini > KLIK

Pada Server Manager, di bagian kanan klik Tools, lalu pilih opsi DNS

Pada DNS Manager, klik kanan pada hostname kita lalu pilih opsi New Zone, setelah itu klik Next.

Kita pilih tipe zone kita sebagai Primary Zone, setelah itu klik Next.

Karena kita sudah menginstall AD DS sebelumnya, maka kita pilih opsi yang di tengah, yaitu mereplika zone kita ke seluruh DNS Server yang berjalan di domain controller kita, kemudian klik Next.

Lalu kita pilih opsi Forward lookup zone, simplenya, Forward Lookup zone adalah metode DNS Server untuk mentranslasikan sebuah domain menjadi alamat IP. Kemudian klik Next.

Kemudian kita tentukan nama dari zone kita, nama ini yang nantinya digunakan pada saat misalnya mengakses web browser, mengakses file sharing, dan lain-lain.

Pilih opsi Do not allow dynamic updates, setelah itu klik Next dan klik Finish.

Nah sekarang zone yang baru kita buat sudah muncul di folder Forward Lookup Zones.

Selanjutnya, kita akan membuat sebuah Reverse Lookup Zones, karena Forward Lookup Zones adalah metode translasi alamat Domain menjadi alamat IP, maka Reverse Lookup Zones adalah metode translasi dari alamat IP menjadi sebuah alamat Domain. Klik kanan pada folder Reverse Lookup Zones, lalu pilih opsi New Zone…

Karena kita hanya menggunakan jaringan dengan alamat IPv4, maka pilih opsi IPv4 Reverse Lookup Zone.

Nah, di sini kita memasukkan alamat network dari IP Address kita, setelah itu klik Next.

Sama seperti sebelumnya, kita pilih opsi Do not allow dynamic updates, setelah itu klik Next, dan klik Finish.

Sekarang kita coba untuk membuat host atau A pada domain baru kita, pada folder Forward Lookup Zones, klik kanan pada zone yang ingin kita tambahkan host-nya, setelah itu pilih opsi New Host (A or AAAA)…

Nah pada bagian New Host, cukup isikan IP Address milik server kita sendiri, setelah itu check atau centang opsi Create associated pointer (PTR) record, setelah itu klik Add Host.

Kemudian kita coba tambahkan sebuah sub domain baru, klik kanan lagi pada zone kita, lalu pilih lagi opsi New Host

Nah sekarang kita isikan pada bagian Name dan IP Addressnya, kemudian klik Add Host

Untuk pengujian, kita bisa menggunakan Command Prompt dengan utility nslookup, masukkan command berikut pada command prompt:

Setelah itu masukkan domain yang ingin di resolve dan IP Address yang ingin di resolve

Contoh:

 

Nah, sekian pembahasan kali ini tentang DNS Server pada Windows Server 2012 R2.

 

-Upi

 

Tags: ,