I am still alive guys hehe, melanjutkan dari artikel sebelumnya maka pembahasan kali ini tentang instalasi Active Directory Domain Services pada Windows Server 2012 R2.
Kalau ada yang belum tau tentang Active Directory, Active Directory adalah layanan direktori yang dimiliki oleh sistem operasi jaringan Microsoft seperti Windows 2000 Server, Windows Server 2003, Windows Server 2008, dan Windows Server 2012. Active Directory terdiri atas basis data dan juga layanan direktori.
Basis data yang dimiliki oleh Active Directory menyimpan segala sumber daya yang terdapat di dalam jaringan, seperti halnya komputer yang telah tergabung ke sebuah domain, daftar akun pengguna dan kelompok pengguna, folder yang di-share, dan lain-lain. Sementara itu, layanan direktori yang dimilikinya membuat informasi yang disimpan di dalam basis data dapat diakses oleh pengguna dan aplikasi. (sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Direktori_aktif)

Oke langsung saja, pertama buka Server Manager, kemudian klik pada opsi kedua yaitu Add roles and features

Pada bagian Installation Type, kita pilih Role-based or feature-based installation, setelah itu klik Next.

Kemudian pada Server Selection, karena penulis hanya punya 1 server maka penulis langsung klik Next saja, tapi jika memiliki 2 atau lebih server yang di manage, pilih server yang ingin di install Active Directory nya lalu klik Next.

Nah pada bagian server roles, kita check atau centang Roles Active Directory Domain Services dan DNS Server, setelah itu klik Next, pada bagian Features, kita bisa menambahkan fitur baru atau biarkan default saja, begitu pula DNS Server dan AD DS.

Pada bagian Confirmation, klik Install dan proses instalasi akan berjalan, jika sudah selesai klik Close

Kalau proses instalasi sudah selesai, pada bagian kanan atas Server Manager, klik ikon bendera, lalu pilih Promote this server to a domain controller.

Pada bagian Deployment Configuration, pilih deployment operation menjadi Add a new forest karena kita akan memberikan domain controller kita sebuah domain name, setelah itu klik Next.

Nah, pada bagian Domain Controller Options, penulis hanya menambahkan sebuah DSRM password atau Directory Services Restore Mode password, setelah itu klik Next.

Pada bagian Additional Options, penulis hanya menggunakan value default, bisa juga di sesuaikan dengan keinginan masing-masing, selanjutnya klik Next.

Nah pada bagian ini, akan ada Prerequisites Check selama beberapa saat, jika semua Check nya berjalan dengan lancar, akan ada pemberitahuan bahwa system kita telah lulus prerequisite check, klik Install dan tunggu beberapa saat agar AD DC kita berhasil di promote.

Ketika instalasi telah selesai, system kita akan otomatis reboot sendiri dan setelah berhasil booting, pada saat login kita akan melihat bahwa username kita sudah berubah menjadi netbios/username, contoh:

Ketika Active Directory kita telah di promote-kan, pada bagian Tools, program-program baru dari Active Directory Domain Services akan bermunculan.

 

Sampai disini kita sudah berhasil melakukan instalasi Active Directory Domain Services, kalau ada yang ingin di tanyakan bisa langsung saja di komentar.

 

-Upi

Tags: ,